Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP beserta Penjelasannya

Struktur Organisasi Kehidupan - Sistem organisasi kehidupan adalah urutan pada sistem kehidupan yang meliputi, sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.

Struktur Organisasi Kehidupan Kelas VII

Urutan Organisasi Kehidupan dari Tingkat Terkecil ke yang Paling Besar

Urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah sebagai berikut :

1. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsi Kehidupan

Sel adalah satuan kehidupan terkecil dari suatu makhluk hidup. Setiap sel memiliki organel – organel yang mampu menjalankan fungsinya untuk hidup. Organel sel tersebut diantaranya ribosom, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, membran plasma, dan vakuola. Seluruh aktivitas organel sel tersebut dikontrol oleh inti sel (nukleus).

Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda: 

perbedaan sel prokaroitik dan eukariotik

  • Sel prokariotik adalah sel yang memiliki inti sel tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti. Hanya bakteri dan arkea yang memiliki sel prokariotik.
  • Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti sel dan inti sel tersebut dibungkus oleh membran inti. Protista, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya memiliki sel eukariotik.

Pada dasarnya, baik sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki tiga bagian utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan inti sel.

  1. Membran sel atau selaput sel berfungsi sebagai pelindung sel dan mengatur masuknya zat-zat yang diperlukan dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh sel.
  2. Sitoplasma adalah cairan sel yang kental, mengisi ruangan antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma disebut juga plasma sel. Di dalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. Yang termasuk organel sel, antara lain: mitokondria, sentrosom, plastida, dan lainnya. Secara umum sitoplasma merupakan tempat berlangsungnya kegiatan sel.
  3. Inti sel/Nukleus adalah bagian dari sel yang utama. Berfungsi sebagai pengatur seluruh kegiatan sel termasuk perkembangbiakan sel dan pertumbuhan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom, yang hanya tampak ketika sel sedang membelah.

Jelaskan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Apabila kalian dihadapkan pada pertanyaan jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, jawabannya bisa melihat tabel berikut ini :

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

2. Jaringan

Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki bentuk, susunan, dan fungsi sama. Pada makhluk hidup terdapat berbagai macam jaringan,  seperti pada tumbuhan terdapat jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan pengokoh, jaringan pengangkut, dan jaringan endodermis. Kemudian pada hewan terdapat jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot, jaringan darah, dan jaringan saraf.


jaringan pada manusia

3. Organ

Organ adalah kumpulan dari beberapa macam jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Pada tubuh manusia dan hewan mamalia terdapat beberapa organ penting seperti jantung, paru-paru, mata, hati, telinga, dan ginjal.

Jantung dan paru – paru tersusun atas jaringan otot dan jaringan saraf. Jantung berfungsi memompa darah dan paru – paru berfungsi sebagai alat respirasi/pernafasan. Mata tersusun atas jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat.

Pada tumbuhan berbungan juga terdapat beberapa organ perting, seperti akar, daun, batang, dan bunga. Akar tersusun atas jaringan epidermis, jaringan parenkim, dan jaringan pengangkut. Kemudian, batang tersusun atas jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan pembuluh kayu, dan jaringan pembuluh tipis

organ pada manusia

4. Sistem Organ dan Organisme

Sistem organ adalah kumpulan dari berbagai macam organ untuk menjalankan tugas tertentu. Contoh sistem organ yaitu:
  • Sistem pernafasan yang tersusun atas organ hidung, paru – paru, bronkus, dan tenggorokan.
  • Sistem pencernaan yang tersusun atas organ mulut, lambung, usus.
Semua sistem organ akan bekerja sama untuk melakukan fungsi hidup atau proses kehidupan dan membentuk organisme. Sistem organ saling mempengaruhi antara sistem organ satu dengan sistem organ yang lainnya. Jika satu sistem organ rusak maka sistem organ yang lain akan terganggu.

Nah, demikian ulasan mengenai struktur organisasi kehidupan kelas 7 SMP, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya. Semangat!

Source : https://materikimia.com/rangkuman-materi-sistem-organisasi-kehidupan-kelas-7-kurikulum-2013/#



Posting Komentar untuk "Struktur Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP beserta Penjelasannya"