Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya

PENGERTIAN GAYA

Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya - Gaya merupakan besaran fisika berupa tarikan atau dorongan. Gaya dibedakan menjadi dua  macam yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. 

Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya

Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi akibat adanya kontak langsung antara benda yang menerima gaya dan benda yang melakukan gaya. Kontak tersebut bisa berupa persinggungan langsung antara dua benda atau melalui perantara lain. Contoh gaya sentuh :

  • Olah raga tarik tambang; terjadi sentuhan antara orang dengan tali tambang tersebut.
  • Mobil menabrak mobil lain; terjadi sentuhan antara kedua mobil.

Sedangkan pada gaya tak sentuh, benda yang memberi gaya dan benda yang menerima gaya tidak terjadi kontak langsung. Gaya bisa terjadi walaupun kedua benda tersebut terpisah jauh. Contoh gaya tak sentuh:

  • Gaya tarik matahari pada planet yang mengelilinginya
  • Gaya antara magnet dengan besi
  • Gaya antara mistar kecil dan potongan kertas kecil yang telah digosokkan dirambut.

Salah satu alat utuk mengukur gaya adalah neraca pegas. Neraca ini berintikan sebuah pegas. Apabila dikenai gaya,pegas akan meregang. Jarak peregangan dapat dibaca pada skala neraca. Angka pada skala menunjukkan besar gaya yang sedang diukur.

Satuan gaya dalam SI (satuan internasional) adalah Newton, disingkat N.  Nama satuan ini diambil dari nama seorang ilmuwan Inggris, Sir Isaac Newton (1642-1727), sebagai penghormatan atas jasa-jasa beliau. Ia menemukan hukum tentang gerak dan gaya, serta gaya tarik bumi.

Dalam fisika, suatu besaran yang memiliki nilai dan arah disebut besaran vektor. Sedangkan besaran yang hanya memiliki nilai tetapi tidak memiliki arah disebut besaran skalar. Contoh besaran skalar antara lain,massa, waktu dan jumlah zat.

Suatu gaya dapat digambar dengan menggunakan diagram vektor yang berupa anak panah. Seperti di bawah ini:

 

Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya

Titik O di sebut titik pangkal dan titik A disebut titik ujung. Panjang ruas garis OA menyatakan nilai gaya dan arah anak panah menyatakan arah gaya.

Contoh, gaya F1   sebesar  3N kekanan dan gaya F2 sebesar 7N kekiri masing-masing satuan gaya adalah cm, dan dapat di gambarkan pada diagram vektor berikut.

Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya

RESULTAN GAYA

Resultan gaya adalah pengganti dari dua buah gaya atau lebih. Misalkan pada sebuah benda bekerja empat gaya maka resultan gayanya dituliskan seperti ini: R = F1 + F2 + F3 + F4. Resultan gaya di beri simbol R. Besar R dapat ditentukan dengan perhitungan aljabar, jika kedua gaya bekerja pada satu garis kerja.

Besar resultan gaya dapat di rumus kan sebagai berikut.

                     R = F1 + F2

Contoh Soal Gaya Beserta Pembahasannya:

Albert dan naila  menarik meja dengan gaya 60 N dan 40 N dalam arah yang sama, yaitu kekanan. Tentukan resultan gaya yang dialami meja.

Jawab:

F1 = 60N kekanan

F2 =40 N kekanan

Penyelesaian :

 R  = F1 + F2 

     = 60 + 40

     =  100N kekanan.  

Jadi, resultan gaya yang dialami meja tersebut sebesar 100N ke kanan. 

Bagaimana jika gaya yang bekerja pada suatu benda tidak searah, tetapi berlawanan arah? 

Berdasarkan diagram vektor besar resultan gaya yang berlawanan dapat ditentukan dengan penjumlahan biasa. Tetapi, karena arahnya berlawanan salah satu gaya (yang lebih kecil) harus diberi tanda negatif.

Contoh Soal Gaya Beserta Pembahasannya:

Pada pertandingan tarik tambang tim A melakukan gaya sebesar 100N kekanan sedangkan tim B melakukan gaya sebesar 200N kekiri. Tentukan resultan gaya yang dialami tali tambang tersebut.

Jawab :

R = F1 + F2

   = -100N + 200 N

   = 100 N kekiri

KESEIMBANGAN

Keseimbangan adalah keadaan dimana dua gaya atau lebih bekerja pada semua benda, tetapi tidak mengakibatkan perubahan sifat gerak benda. Dengan kata lain, resultan gaya-gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol.

Ditinjau dari ilmu fisika, benda tidak bergerak karena resultan gaya yang yang bekerja pada meja itu sama dengan nol. Benda yang berada dalam keadaan diam diakatakan berada dalam keadaan setimbang. Jadi, suatu benda dikatakan berada dalam keadaan setimbang jika resultan gaya yang bekerja sama dengan nol. 

Tetapi, konsep seimbang tidak hanya terbatas pada benda yang diam. Benda yang bergerak pun dapat berada dalam keadaan seimbang. Keadaan seimbang untuk benda yang bergerak terjadi kalau sifatnya tidak berubah, yaitu kecepatan.   

Demikian ulasan mengenai Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya. 

Posting Komentar untuk "Materi IPA Kelas VIII Pengertian Gaya, Macam Gaya dan Rumus Gaya"