Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha dan Pesawat Sederhana

Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII Semester 1 

Usaha dan Pesawat Sederhana




Usaha

Usaha dan Pesawat Sederhana - Bagi sebagian besar orang, kata usaha atau kerja berarti sesuatu yang mereka lakukan untuk memperoleh uang. Dalam arti ini usaha dapat berupa mencatat pesanan makanan di restoran atau berangkat mengajar atau kerja kantor. Pengertian usaha dalam fisika berbeda dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari. Dalam fisika, agar usaha berlangsung, gaya harus dikerahkan hingga menempuh jarak tertentu.

Dalam sudut pandang fisika, khususnya mekanika, Usaha mengandung pengertian sebagai segala sesuatu yang dilakukan oleh gaya pada suatu benda sehingga benda itu bergerak. Agar usaha berlangsung, maka gaya harus dikerahkan pada suatu benda hingga benda tersebut menempuh jarak tertentu. Sedangkan Daya adalah cepatnya usaha dilakukan. Dengan kata lain daya adalah usaha yang dilakukan tiap satuan waktu.

Pesawat Sederhana

Pada saat kamu belajar di Sekolah Dasar (SD), kamu telah mengetahui bahwa pesawat sederhana adalah peralatan yang dapat dipakai untuk memudahkan usaha atau kerja. Berdasarkan prinsip kerjanya, pesawat sederhana ada empat kelompok yaitu : tuas (pengungkit), katrol, bidang miring, dan roda gigi (gear). 

Peralatan teknologi ada yang sederhana, ada yang modern dan canggih. Pada umumnya peralatan berteknologi modern dan canggih, memiliki konstruksi relatif lebih rumit dan sudah menggunakan energi listrik. Tetapi betapa pun canggihnya mesin berteknologi modern, bagian-bagian dasarnya yang bergerak, tetap menggunakan gabungan dari mesin-mesin sederhana atau pesawat sederhana.

Bahan Belajar Usaha dan Pesawat Sederhana IPA Kelas VIII

Untuk lebih jelasnya mengenai materi usaha dan pesawat sederhana, silahkan kalian unduh atau download materi di bawah ini, untuk bahan belajar. Untuk bisa mendownloadnya, silahkan kalian klik tanda panah di bagian pojok kanan atas, kemudian save.



Demikian ulasan mengenai Usaha dan Pesawat Sederhana, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Usaha dan Pesawat Sederhana"